Tuesday, March 27, 2018

Yuk belajar merawat hewan


             
         Merawat Hewan Peliharaan Secara Umum Untuk Pemula

          Senang sekali bila ada hewan peliharaan di rumah! Apalagi bila hewan peliharaan kita sehat, lincah, suka bermain dan nafsu makannya baik. Secara keseluruhan semua oke dari ujung kepala sampai ujung kaki. Bagi yang sudah berpengalaman, merawat hewan bukan hal yang sulit. Tapi bagaimana dengan orang yang baru pertama memelihara hewan? Tenang, semua bisa dipelajari bila kita mau belajar J Bila telaten dan rajin, niscaya hewan peliharaan pun turut bahagia. Berikut ini ada sedikit tips untuk merawat hewan peliharaan :

Sediakan waktu untuk bercengkrama dengan hewan peliharaan.

Hal ini penting, karena hewan suka berinteraksi dengan pemiliknya. Bila kamu sudah memilih suatu hewan peliharaan, entah itu kucing, anjing, kelinci, ataupun hewan lainnya. Menyediakan waktu adalah suatu keharusan. Dengan interaksi yang banyak dan belaian, hewan peliharaan bisa dengan mudah dididik dan mengenalimu sebagai pemiliknya. Kedisiplinan dan ketegasan pun perlu untuk melatih karakter hewan kesayanganmu.





Sediakan dana untuk perawatan hewan peliharaan kesayanganmu.

Perawatan hewan peliharaan juga membutuhkan dana. Hal ini membutuhkan kreativitasmu dalam mengelola anggaran untuk pakan hewan, mainan, kandang, maupun peralatan groomingnya. Hewan perlu dimandikan minimal 3 minggu sekali untuk anjing dan kucing. Potong kuku sebulan sekali dan disisir setiap hari untuk hewan berbulu panjang bila tidak mau bulunya gimbal dan kusut.
Dana untuk vaksin juga diperlukan, sediakan dana untuk vaksin dan kontrol ke dokter hewan minimal 6 bulan sekali.

Pelajari tentang hewan kesayanganmu melalui buku atau artikel yang ada

Di era baru yang canggih sekarang ini, mencari informasi sangat mudah didapatkan. Pergunakan fasilitas yang ada untuk mencari tahu semua hal tentang hewan kesayanganmu. Mulai dari jenis makanan favorit, perilaku umum, siklus reproduksi, habitat, hal yang pantang dilakukan sebagai pemiliknya sampai gejala penyakit yang sering terjadi dan pencegahannya. Pengetahuan umum seperti ini wajib loh diketahui untuk pemilik hewan.



Perawatan hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan, terlebih sejak kita mengambil komitmen untuk memelihara hewan peliharaan. Hal tersebut juga melatih tanggung jawab dan kesetiaan, juga tantangan untuk terus menjaga hewan peliharaan kita untuk terus hidup sehat dan bahagia. Selamat belajar memelihara hewan dan jangan mudah menyerah yah! J

Sumber : Drh. Laura Pohan,
Marceline Petshop

No comments:

Post a Comment

8 Hari Sebelum Natal

Melihat ke bulan Januari 2021 sampai dengan saat ini. Merefleksikan diri, dan memahami semua yang terjadi. Banyak salah, aku ingin memperbai...